5 Cara Meditasi Dalam Islam Untuk Membersihkan Hati

  • 15 February 2022
  • Admin

5 Cara Meditasi dalam islam untuk membersihkan hati Pandemi yang telah berjalan dua tahun belakangan ini sangatlah membuat pikiran kita dipaksa untuk  melakukan sesuatu hal baru agar bisa menghidupi keluarga . sebab aktivitas dalam mencari nafkah terbatasi. Di Akhir tahun 2021, kita sudah sedikit mendapatkan angin segar, anak-anak sekolah sudah mulai belajar dengan tatap muka datang ke sekolah, tidak belajar secara daring (belajar online). Tetapi di awal tahun ini terutama di akhir bulan januari 2022 negara kita kembali diserang dengan virus covid 19 dengan varian baru yang diberi Nama “ Omicron”   yang dimana kita sebagai orang tua kembali aktivitas dibatasi.

Dengan keadaan seperti ini banyak sekali yang merasa bingung, stres, mengatakan yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin.. tetapi kita sebagai umat islam diajarkan bagaimanapun keadaanya semua adalah atas ijin dari allah Subhanahu wata’ala. dan  apa yang terjadi akan ada hikmahnya dan allah tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi batas kemampuannya . Allah ta’ala berfirman

Artinya :” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. ( QS al-Baqarah ayat 286)

Supaya pikiran kita tenang, tidak stres dan bisa menerima cobaan yang terjadi pada diri kita , islam mengajarkan meditasi.  Perlu kita ketahui kalau meditasi itu bukan ajaran dari agama selain islam, tetapi meditasi tersebut sebenarnya islam mengajarkan sudah dari zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.  Berikut 5 cara meditasi dalam islam untuk membersihkan hati:

1.       SELALU BERSYUKUR

Perbanyaklah kita mengucapkan syukur, yang biasa kita ucapkan sebagai orang muslim yaitu “ Alhamdulillah”  yang dimana artinya Segala puji bagi allah dimana kata ini mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang allah Subhanahu wata’ala berikan  karena allah akan menambahkan nikmatnya jika kita sebagai hamba yang selalu bersyukur. Allah ta'ala berfirman:

Artinya: “ Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih." ( QS Ibrahim ayat 7)

2.   MELAKUKAN TAFAKUR

Tafakur memiliki arti merenungkan diri akan kebesaran Allah Subhanahu wata’ala Sebuah bentuk meditasi di dalam islam yang juga menjadi sebuah amalan yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam  Untuk mengenal Allah Subhanahu wata’ala lebih dalam.

 

Cara bertafakur dengan duduk berdiam diri  setelah selesai sholat fardhu dalam kurun waktu 5 menit dan mata tertutup dan pikirkan kalau allah selalu mengawasi dalam setiap gerakan kita.

3.   MELAKUKAN I’TIKAF

I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid yang dengan tujuan untuk melakukan ibadah hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala .  I’tikaf biasanya dilakukan oleh umat islam di saat bulan suci ramadhan , tetapi sebenarnya bisa kita lakukan setiap hari.

I’tikaf bisa dilakukan secara rutin yang bermanfaat meningkatkan konsentrasi kita dalam melaksanakan ibadah sholat dan juga ibadah lainnya.

4.   MELAKUKAN DZIKIR

Melakukan dzikir merupakan praktek meditasi yang sudah umum dikerjakan oleh umat muslim . dzikir adalah memuji dan mengagungkan Allah. Berdzikir dengan melafalkan dan juga memuliakan allah ta’ala bisa meningkatkan efektivitas ibadah kita. Allah Berfirman  didalam al quran:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

5.   MEMBACA ALQURAN

Meditasi yang terakhir ini adalah membaca alquran yang dimana alquran adalah kalamnya allah Subhanahu wa ta'ala ,  yang memiliki manfaat yang paling besar dalam kehidupan kita di dunia. Membaca alquran pastinya akan membuat hati kita tenang dan  juga membaca alquran memiliki banyak keutamaan , yang salah satunya  perniagaan yang tidak akan pernah merugi.

Allah ta'ala Berfirman:

 “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri” (Al Quran surat Al Fathir ayat 39-40).