Faktor Pnghambat Pendidikan Anak Dalam Islam

  • 09 March 2022
  • Admin

Pendidikan merupakan hal yang paling utama untuk anak kita. Tanpa adanya pendidikan yang baik kepada anak, bisa membuat anak kita  kedepannya tanpa arah dan tujuan. Dan di dalam islam mendidik anak  adalah sebuah ibadah yang mempunyai nilai pahala , sebab anak adalah anugerah dari allah yang sangat berharga untuk kita sebagai orang tua  harus benar-benar merawat dan mendidik dengan baik untuk masa depan anak. Maka daripada itu orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anak dengan agama sejak dini.

Kenapa kita utamakan pendidikan agama sejak dini?

Menjawab pertanyaan diatas , tujuan anak kita didik dengan ajaran agama sejak dini , supaya anak kita lebih dahulu mengetahui  atau mengenal tuhan-nya,  sebelum kita berikan pembelajran yang mengasah perkembangan jiwa dan rohaninya.  Dalam mengajarkan agama , anak kita bisa mengetahui kalau di dalam hidup itu kita memiliki aturan dan tujuan.

Tujuan kita hidup didunia ini sebenarnya adalah untuk beribadah kepada allah Subhanahu wa ta'ala.  dan supaya nantinya anak –anak menjadi seorang sosok anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tuanya dan menjadi seorang anak yang berkepribadian yang shaleh –shalehah.

Anak kita bisa terhambat di dalam  pendidikan ,  dan bisa menjadi anak kita tidak mengetahui apa tujuan hidup di dunia dan juga apa kewajiban-kewajiban yang harus di kerjakan di dunia ini. Adapun faktor penghambat pendidikan anak di dalam islam  sebagai breikut

1.       Tidak ada contoh teladan yang baik

Dalam pendidikan anak  contoh teladan adalah metode yang paling bagus yang bisa cepat dicerna di dalam otak anak-anak kita.  Dalam bersikap sehari- hari selalu perlihatkan sikap yang baik –baik saja di depan anak kita. Karena sikap kita  jika dilihat oleh anak –anak  semuanya akan direkam oleh kamera alam bawah sadar anak.

Maka dari itu kita sebagai orang tua harus selalu berhati-hati  dalam mendidik anak, jika anak kita melihat suatu hal keburukan dari orang tuanya, maka anak kita nantinya akan mengikuti. Dan jika anak kita mengikuti perbuatan  buruk dan itu ia dapat dari orang tuanya, maka orang tua tersebut harus siap menanggung dosa  dari anak kita.

2.       Orang Tua yang Selalu sibuk

Jika kita terlalu sibuk dengan pekerjaan , maka perhatian dan kasih sayang  ke anak akan berkurang  .  kalau seorang anak kurang dari kasih sayang, perhatian dan pendidikan  kurang , maka anak tersebut bisa jadi akan bersikap brutal dan memberontak terhadap apapun . dan anak-anak bisa melakukan perbuatan yang di luar dugaan.

3.       Sikap Kedua orang tua yang kurang baik

Kita sebagai orang tua terkadang sering  salah bersikap dengan anak. Kita berusaha keras berakhlak baik di saat  berhadapan dengan orang lain dan selalu  menjaga perasaan mereka  tetapi  kita sering  tidak bisa menjaga perasaan anak-anak kita. Sering kalinya kita  Seenaknya saja bicara pada mereka. Seenaknya kita memerintah dan mencela. Kita berpikir bahwa anak adalah orang yang ada dibawah kekuasaan kita tanpa memperdulikan perasaan mereka.

4.       Lingkungan yang kurang baik

Pertumbuhan mental kejiwaan anak kita akan baik kalau di dalam lingkungan baik. Dan begitu juga sebaliknya jika lingkungan di sekitar kita rusak  maka  akan menanamkan benih kerusakan  pada jiwa si anak.  Anak kita berinteraksi  di lingkungan sekitar kita tidak bisa dicegah, sebab anak-anak membutuhkan teman bermain dan  teman sebaya untuk bisa diajak berbicara  yang dimana hal tersebut suatu bentuk sosialisasi.

Begitulah  beberapa faktor penghambat pendidikan anak  dalam islam. semoga bisa bermanfaat.