Model - Model Keluarga Dalam Alquran

  • 25 March 2022
  • Admin

Seluruh umat muslim pasti nya tidak ragu akan kitab suci alquran yang dimana Alquran adalah pedoman hidup utama, di dalam kehidupan di dunia ini. Dan untuk melengkapi dan memperjelas isi di dalam alquran maka Sunnah rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  yang menjadi penjelas al quran dan , perlakuan nabi adalah sebagai tuntunan dalam menjalankan ibadah kepada sang pencipta Allah Subhanahu wata’ala.

Salah satu Sunnah rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  adalah dengan menikah . karena rasulullah pernah bersabda:

 Artinya: “ Jika Seseorang Menikah , maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya, karena nya, bertakwalah pada allah pada separuh yang lainnya. “  (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

 Dalam melangsungkan pernikahan pastinya menginginkan  keluarganya nanti menjadi keluarga yang sakinah Mawadah  warahmah. Tetapi seringkali rencana yang begitu kita inginkan pastinya tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Karena manusia hanya bisa berencana tetapi allah Subhanahu wa ta'ala yang menentukan. 

Dalam islam terdapat model-model keluarga yang disebutkan di dalam alquran yang dimana terdapat kisah-kisah keluarga para nabi dan sahabatnya yang dimana bisa menjadi contoh untuk kita nantinya.

1.   Model Keluarga Nabi Nuh dan Nabi Luth

Dari kisah kedua nabi ini ada kesamaan nya yaitu memiliki istri yang durhaka , ini menandakan kalau sekelas nabi Nuh dan juga nabi luth  adalah hanya manusia biasa yang diutus allah untuk menyebarkan agama tauhid.

Kisah istri Nabi Nuh , kenapa di bilang istri yang durhaka, karena saat itu  kondisi nya sedang terjadi bencana banjir yang besar dan nabi Nuh meminta ke anak dan istrinya untuk naik kapal . namun mereka mengabaikannya dan akhirnya keduanya tenggelam ke dalam banjir besar tersebut.

Untuk Kisah istri Nabi Luth , dimana ia  lebih mementingkan harta yang dimana didapatkan dengan cara memfitnah nabi Luth kepada masyarakat kalau nabi luth berbuat seperti kaum yang lain tentang kehidupan homonya. Naudzubillah.

2.   Model keluarga Fir’aun

Di dalam model keluarga fir’aun  disini  diceritakan kalau istri dari Fir’aun orang yang shalehah dan si suami nya sendiri merupakan seorang yang  durhaka yang menentang ajaran  allah Subhanahu wa ta'ala

3.       Model Keluarga nabi Ibrahim

Dikisahkan  model keluarga dari nabi ibrahim adalah  sepasang suami istri yang taat kepada allah Subhanahu wa ta'ala  dan sampai ke anak dan cucunya juga taat dan beriman kepada Allah ta’ ala.  Model Keluarga Nabi ibrahim inilah yang selalu paling banyak yang menginginkannya .

4.       Model Keluarga Abu Lahab

Model keluarga yang terakhir ini adalah keluarga dari Abu Lahab. Dimana di dalam keluarga ini suami istri adalah orang yang durhaka yang sangat menentang ajaran agama islam, padahal faktanya ajaran islam itu disebarkan oleh keponakannya sendiri yaitu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  . Abu lahab adalah paman dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam . ia dinamakan abu lahab dikarenakan wajahnya yang selalu bernyala, dan istri dari abu lahab bernama Ummu Jamil.

Abu lahab  yang merupakan paman Rasulullah, merupakan orang yang paling membenci rasulullah dan selalu ingin mencelakai nabi.  Oleh karena itu  Allah subhanahu wa ta'ala menceritakan di dalam Al quran, abu lahab dan sang istri telah ditakdirkan untuk masuk neraka , kemudian allah Menurunkan  Surah al-Lahab yang menjelaskan kalau harta dan keturunan tidak akan berguna di hari kiamat.